fbpx
calysta skin clinic

Penyebab Kulit Kering, Kamu Wajib Tahu Nomor 3

Kulit Kering
Kulit Kering

Ketika kulit kehilangan banyak air terlalu cepat, kulit akan menjadi kering. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Seperti memakai sabun deodorant dan produk pembersih yang keras, dapat menghilangkan minyak dan lemak dari kulit kita. Mandi air panas dalam waktu yang lama juga dapat membuat kulitmu kering.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian kulit kering, gejala, penyebabnya serta rekomendasi treatment untuk kulit kering. Yuk simak!

Apa Itu Kulit Kering?

Kulit kering adalah kulit yang tidak memiliki kelembaban yang cukup untuk menjaganya tetap lembut.. Xerosis adalah kulit yang sangat kering. Jenis kulit ini terasa seperti bercak-bercak kasar pada kulit yang mengelupas atau terlihat bersisik. Jika kulit kering akan mungkin terasa gatal atau tidak, dapat juga pecah-pecah dan berdarah. Kulit kering dapat terjadi pada segala usia.

Gejala Kulit Kering

Gejala kulit kering dapat berbeda pada setiap orang karena tergantung pada faktor-faktor seperti kesehatan, usia, dan penyebabnya. Namun, ketika kamu memilikinya, kamu kemungkinan besar akan mengalami gejala seperti:

  • Kulit pecah-pecah (adanya retakan yang dalam dan berdarah)
  • Kasar
  • Mengelupas
  • Bersisik
  • Gatal
  • Kemerahan
  • Kulit yang terasa kencang (terutama setelah berada di dalam air seperti mandi, berendam, atau berenang)
  • Lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit normal kamu atau merah ke ungu

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, ruam dapat timbul di kulit. Ruam dapat berupa benjolan kecil seperti jerawat, terasa gatal, bengkak, atau berwarna berbeda dari kulit di sekitar, biasanya merah hingga ungu. Istilah medis untuk ruam adalah dermatitis yang merupakan kata lain dari pembengkakan dan peradangan kulit. 

Penyebab dan Faktor Risiko Kulit Kering

Melansir dari Web MD, biasanya kulit kering terjadi karena faktor lingkungan, seperti cuaca. Kulit kering dapat disebabkan oleh:

1. Deterjen atau Sabun yang Keras

Sabun, sampo dibuat untuk menghilangkan minyak di kulit kamu. Itu berarti mereka juga dapat mengeringkannya dengan menghilangkan semua kelembapannya.

2. Panas

Sumber panas apapun mulai dari pemanas ruangan dan pemanas sentral hingga perapian dan kompor kayu, dapat menurunkan kelembapan di dalam ruangan dan membuat kulitmu kering.

3. Mandi Air Panas atau Berendam

Mandi air panas yang lama atau berendam di bak mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering.

4. Berenang

Klorin, bahan kimia yang menjaga kebersihan kolam renang dapat mengeringkan kulit.

5. Kondisi Kulit Lainnya

Orang dengan kondisi tertentu, seperti psoriasis atau eksim, juga dapat mengalami kulit kering.

6. Cuaca

Selama cuaca dingin, kelembapan dan suhu biasanya akan turun. Hal ini dapat membuat kulitmu lebih kering.

Baca juga Artikel Lainnya: 7 Cara Untuk Membuat Wajah Glowing

Dilansir Web MD, meskipun kulit kering adalah hal yang umum dan dapat menyerang siapa saja, ada beberapa kemungkinan yang membuat kamu mengalaminya. Peluang kamu untuk mendapatkan kulit kering bergantung pada:

  • Usia: Jika kamu berusia 40 tahun ke atas, peluangmu lebih tinggi. Lebih dari 50% orang dewasa yang lebih tua memiliki kulit kering.
  • Tempat kamu tinggal: Peluang kamu meningkat jika kamu tinggal di daerah beriklim dingin atau kering tanpa banyak kelembapan.
  • Pekerjaan kamu: Jika kulit kamu sering basah selama bekerja, kulit kamu lebih mungkin mengering. Instruktur renang dan penata rambut sering kali membuat kulit mereka basah.
  • Kondisi kesehatan dan gen: Beberapa orang mewarisi beberapa kondisi kesehatan dari orang tuanya yang dapat menyebabkan kulit kering ini termasuk eksim, diabetes, penyakit ginjal, tiroid, dan gangguan hormon lainnya.

Cara Merawat Kulit Kering di Wajah

Kulit Kering

Melansir dari healthline, ada beberapa hal sederhana yang dapat kamu coba untuk meringankan kekeringan di wajahmu. Sebagian besar merupakan perubahan gaya hidup dasar yang dapat digunakan bersamaan untuk meringankan gejala.

  • Ubah cara mandi kamu
  • Basuh wajah kamu dengan lembut
  • Hindari mencuci wajah kamu beberapa kali sehari
  • Oleskan pelembap
  • Gunakan pelembap bibir
  • Pakai pakaian dengan bahan katun yang lembut
  • Hindari kain yang kasar, gatal, ketat

Rekomendasi Treatment di Calysta Skin Clinic

Calysta Skin Clinic adalah salah satu klinik kecantikan terkemuka di Indonesia yang melayani 98.000 pelanggan setia selama lebih dari 13 tahun. Hingga saat ini, Calysta Skin Clinic sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di wilayah Jadetabek. Pada tahun 2011, Calysta Kopo menjadi klinik pertama di Bandung, diikuti kehadiran Calysta di Kuningan dan Margacinta Bandung di tahun 2012. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2014, Calysta hadir di kota Garut dan Tasikmalaya yang mendapat sambutan hangat dari sahabat Calysta.

Selanjutnya, Calysta kembali membuka cabang di Kelapa Gading dan tahun 2016 Calysta membuka skin clinic di BSD Tangerang Selatan. Calysta cabang Cendana dibuka pada tahun 2017 dengan inovasi alat-alat yang lebih canggih dan lebih nyaman. Kemudian pada tahun 2018, Calysta Skin Clinic hadir di kota Bekasi. Calysta kembali melebarkan sayapnya dengan membuka dua cabang baru di tahun 2019 di Depok dan Kemang. Terakhir, Calysta Skin Clinic kembali hadir di tiga kota berbeda yaitu di Karawang, Cimahi, dan Sukabumi.

Calysta memiliki tagline Cantik Sesuai Kulitmu, dimana ini menjadi harapan dan tujuan dari Calysta yang percaya bahwa setiap orang berhak untuk tampil cantik sesuai jenis kulitnya. Dengan memiliki pengalaman selama 13 tahun Calysta tentu akan terus menjadi klinik kecantikan terdepan.

Calysta Skin Clinic menawarkan berbagai treatment yang bisa mengatasi masalah kulit kamu, seperti kulit kering:

Treatment Facial Oxy

Berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi kulit, relaksasi, membantu pengencangan kulit dan mencerahkan. Diindikasikan untuk kulit kering dan kusam.

Treatment DNA Salmon Skin Booster

DNA Skin Booster adalah teknik memasukkan serum secara intradermal yang dapat masuk ke dalam lapisan kulit bagian dermis. Berbeda dengan DNA Salmon mesoskin, DNA Skin Booster ditujukan untuk keluhan kulit yang lebih dalam seperti melasma dan dermal hyperpigmentation, penuaan kulit seperti keriput halus, kulit kendur dan dehidrasi. Serum yang dimasukkan mengandung DNA Salmon dengan konsentrasi tinggi dan Hyaluronic acid crosslinked yang dapat membuat kulit lebih berisi, terhidrasi dan kenyal. Kandungan lainnya yaitu glutathione berfungsi untuk mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan.

Treatment Pn DNA Salmon Nucleofill

Treatment yang menggunakan jenis serum PN DNA SALMON mengandung Polymerised Polynucleotide (PN), di mana mengandung DNA Salmon generasi terbaru dan memiliki keunggulan dimana lebih murni, lebih high molecular, long polymer dan memiliki efek biostimulasi yang lebih maksimal. Skin Booster Salmon dengan kandungan Polymerised Polynucleotide disuntikkan pada 5-7 titik ligamen penyangga wajah. Dan disuntikan pada bagian kulit terdalam sehingga bukan di bagian epidermis namun lebih ke bagian Deep Dermies. Memiliki manfaat sebagai anti radikal bebas, menghidrasi dan melembabkan kulit, memiliki lifting effect, membuat kulit lebih plumpy dan bebas kerutan Kulit jadi lebih sehat luar dan dalam.

Itulah pengertian, gejala, penyebab, serta rekomendasi treatment untuk kulit kering di Calysta Skin Clinic. Apabila kamu tertarik dengan treatment di Calysta Skin Clinic, kamu dapat mengklik link disini.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *