Skin Care Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, No. 2 Wajib Kamu Tahu!

Seberapa penting Skin Care Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat? Memiliki kulit yang sehat dan bersinar menjadi impian setiap wanita. Namun, tidak semua orang memiliki kulit yang mulus dengan mudahnya karena setiap orang punya masalah kulit tersendiri salah satunya masalah kulit berminyak dan berjerawat. Kulit berminyak dan berjerawat bukanlah suatu dosa atau hal yang salah, kamu hanya perlu memberikan perawatan skin care yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Di dalam artikel ini kami akan menjelaskan penyebab kulit berminyak dan berjerawat serta merekomendasikan produk skin care untuk kulit berminyak dan berjerawat kamu. Yuk simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini!

Penyebab Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Faktor Genetik

Kulit berminyak dan berjerawat bisa terjadi karena faktor keturunan. Apabila salah satu orang tua kamu memilik wajah berminyak dan berjerawat, ada kemungkin tipe kulit wajah kamu akan sama dengan salah satu dari keduanya.

2. Faktor Usia

Sebum adalah zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Seiring bertambahnya usia seseorang, produksi sebum akan semakin berkurang. Orang yang lebih muda biasanya akan menghasilkan minyak yang lebih banyak pada kulitnya. Sedangkan untuk orang yang lebih tua akan menghasilkan lebih sedikit minyak. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan beberapa protein, seperti kolagen dan kelenjar sebaceous yang melambat.

3. Pori-pori yang Membesar

Pori-pori dapat membesar karena usia, bertambahnya berat badan, dan jerawat. Pori-pori dapat menghasilkan lebih banyak minyak sehingga timbul jerawat.

4. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai

Kulit yang berminyak dan berjerawat dapat terjadi karena penggunaan produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit. Beberapa orang biasanya membeli produk yang membuat pori-pori tersumbat dan memicu jerawat. Bisa saja membeli produk yang seharusnya diberikan untuk kulit kering sementara tipe kulit kamu berminyak sehingga hal ini dapat memicu produksi minyak yang berlebih dan kulitmu akan semakin berminyak. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Kulit kamu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti polusi dan gaya hidup. Jerawat muncul juga dapat dikaitkan dengan pola makan yang buruk, merokok, dan stress. Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk dan merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi sebum. Polusi juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat karena terpapar kotoran dan minyak.

Baca juga artikel lainya: Urutan Pakai Skin Care di Pagi Hari, Jangan Sampai Salah

Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Merawat kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Solusinya kamu hanya perlu mengetahui jenis produk yang sesuai dengan tipe kulitmu. Rangkaian penggunaan skin care pun berpengaruh terhadap perawatan kulit kamu.

1. Gunakan Face Wash yang Lembut

Ketika kamu hendak mencuci wajah, gunakanlah produk yang berbusa lembut dan memiliki tekstur krim. Facial wash yang berbusa lembut dapat bekerja lebih baik ketika membersihkan minyak berlebih dan membuat kulit lebih segar.  Gunakanlah handuk yang lembut agar kulit terhindar dari gesekan yang berakibat pada pori-pori membesar.

Bersihkan wajah dua kali sehari sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Jangan terlalu sering karena hal ini dapat mengiritasi kulit. Apabila kamu tipe kulit berminyak, ada kemungkinan memiliki pori-pori yang besar. Ketika pori-pori jarang dibersihkan dan debu atau kotoran dapat menempel sehingga pori-pori menjadi tersumbat dan pada akhirnya jerawat akan muncul.

Pastikan menggunakan facial wash yang memiliki kandungan yang sesuai untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat seperti clarifying gentle face cleanser dari Cyskin. Face cleanser ini mengandung kombinasi zat aktif seboclear™ dan witch hazel. Kandungan seboclear™ berfungsi untuk mengoptimalkan mikrobiota kulit, mengurangi peradangan dan jerawat, meratakan warna kulit serta menyeimbangkan produksi sebum. Kemudian kandungan witch hazel berfungsi untuk mengurangi peradangan dan iritasi, membantu mengatasi jerawat serta menenangkan kulit.

2. Gunakan Toner yang Mengandung Salicylic Acid

Dalam urutan memakai skin care, toner adalah urutan selanjutnya. Toner yang tepat mampu menyeimbangkan pH dan membuat kulitmu tampak lebih sehat dan lembap. Toner biasanya digunakan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Penggunaan exfoliating toner mampu membersihkan pori-pori sampai mendalam dan mengontrol produksi minyak berlebih dan jerawat pada wajah.

Kamu sebaiknya menggunakan toner yang mengandung salicylic acid yang dapat mengatasi jerawat dan mengurangi produksi sebum dan komedo. Salah satu produk dari Cyskin yaitu BHA exfoliating toner. BHA exfoliating toner adalah exfoliating toner yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif salicylic acid, green tea dan zinc sulfate, berfungsi untuk menyegarkan, membantu mengatasi jerawat serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak cerah dan halus.

3. Memakai Serum yang Sesuai Dengan Kulitmu

Serum bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan dapat menenangkan kulit. Bahan antiinflamasi pada serum mampu menenangkan kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat dan infeksi. Selain itu, serum juga memiliki tekstur ringan dan mudah diserap kulit.

Salah satu produk dari cyskin yang cocok dan aman untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah Cyskin acne treatment serum. Serum dari cyskin ini mengandung kombinasi zat aktif seboclear ™ , salicylic acid, zinc dan green tea, berfungsi untuk mengurangi peradangan akibat jerawat serta mencegah timbulnya komedo dan jerawat sehingga aman untuk kulitmu.

4. Jangan Lupakan Sunscreen

Apabila kamu melakukan aktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan sunscreen karena produk perawatan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit yang terkena sasaran matahari bisa saja menjadi memerah, belang, bahkan terasa perih. Selain itu sunscreen juga berfungsi untuk membuat warna kulit tetap merata.

Kandungan yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit adalah allantion. Allantion sendiri berfungsi untuk melembabkan, menenangkan dan mengurangi kemerahan pada kulit. Produk sunscreen dari Cyskin yang sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah daily sun protect & clear. Produk ini diperkaya dengan kandungan niacinamide yang berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan akibat iritasi dan jerawat, menjaga kelembapan kulit serta mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

5. Krim Malam Jangan Sampai Dilewatkan

Perawatan wajah di pagi hari memang perlu, tetapi perawatan wajah di malam hari pun tidak kalah penting. Salah satu produk yang penting untuk malam hari yang penting adalah krim malam yang dipakai setelah serum. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk kulit melakukan regenerasi. Krim malam juga dapat mencegah dehidrasi dan menenangkan kulit kemerahan.

Cyskin memiliki produk krim malam yang berfungsi untuk melembapkan kulit, mengurangi produksi sebum serta mengurangi peradangan akibat jerawat, yaitu produk acne clarifying night cream. Acne clarifying night cream cocok dan aman untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini memiliki kandungan kombinasi zat aktif seboclear, salicylic acid, zinc dan green tea. Green tea berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi iritasi kulit, serta menenangkan kulit kemerahan sedangkan zinc berfungsi sebagai anti inflamasi, mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi kemerahan

Nah itulah rekomendasi skin care untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kamu bisa mendapatkan produk rekomendasi di aplikasi shopee, lazada, dan tokopedia. Ayo segera cek linknya disini sekarang sebelum kehabisan!

Leave a Reply

connecting skin care enthusiast

CyGlow Community

Cyglow community recruitment is officially open