fbpx
calysta skin clinic

Arti Brightening dan Manfaat Brightening

Arti Brightening
Arti Brightening

Arti Brightening

Arti brightening bisa berarti banyak hal yang berbeda, produk skincare atau treatment seringkali menggunakan kata ini. Umumnya arti brightening yaitu untuk mencerahkan atau memudarkan.

Brightening artinya adalah cerah yang berasal dari kata bright, maksudnya produk skincare brightening yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit karena ada kandungan pencerah kulit. Kata brightening digunakan untuk menggambarkan produk yang dapat menghalangi produksi pigmen atau mengangkat pigmen dari kulit (seperti bintik-bintik hitam karena sinar matahari atau bekas jerawat).

Kata mencerahkan juga biasanya digunakan untuk mendeskripsikan produk yang membantu meningkatkan pergantian sel sehingga mempercepat pengelupasan lapisan atas kulit yang rusak sehingga muncul kulit yang lembut dan halus di bawahnya. Sebenarnya cara yang paling efektif untuk mengetahui efek mencerahkan dari suatu produk yaitu melihat daftar bahannya berserta manfaatnya.

Manfaat Brightening

Dilihat dari arti, brightening memang memiliki banyak manfaat diantaranya :

  • Mengurangi / menghilangkan bintik-bintik hitam akibat jaringan parut, jerawat, paparan sinar matahari.
  • Mengatasi melasma (kondisi ketika muncul bercak-bercak cokelat di wajah) biasanya terjadi karena perubahan hormon saat hamil atau paparan ultraviolet.
  • Mengatasi flek hitam yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu dan bagian tubuh lainnya. Flek hitam muncul karena kulit wajah terkena paparan sinar UV.

Sebagian besar bahan yang digunakan dalam produk pencerah juga berfungsi ganda, yaitu memberikan kelembapan atau antioksidan yang dibutuhkan kulit. Sehingga kamu mendapatkan banyak manfaat dari produk pencerah tersebut.

Kekurangan Brightening

  • Produk pencerah tidak bekerja dengan baik pada warna kulit yang gelap, kamu harus berhati-hati agar tidak bekerja mengoreksi bitnik hitam secara berlebihan dengan membuat mereka lebih cerah dari warna kulit dasar kamu.
  • Aplikasikan produk pencerah ke seluruh wajah kamu bukan hanya di area yang bermasalah agar menghindari warna kulit yang tidak merata.

Bahan Mencerahkan yang harus Diwaspadai

Bahan yang harus Dihindari

Banyak produk pencerah yang mengandung hydroquinone, bahan yang efektif memutihkan kulit. Meskipun hydroquinone aman untuk kulit yang lebih terang, bahan ini bisa memberikan efek yang merugikan bagi yang memiliki warna kulit yang lebih gelap. Hydroquinone mencerahkan area kulit yang lebih gelap di sekitarnya, misalnya melasma, hipermentasi, atau hiperpigmentasi pada bekas luka. Namun, ada kekhawatiran umum tentang keamanan penggunaan hydroquinone pada kulit dalam rutinitas skincare yang dapat menimbulkan efek samping di kemudian hari.

Bahan yang Aman untuk Dipakai

Vitamin C lebih aman untuk kulit karena efeknya lebih mencerahkan dan memudarkan. Selain itu, vitamin C dikenal sebagai antioksidan alami. Glycolic Acid (Asam Glikolat) juga dapat mencerahkan karena dapat membantu mengangkat lapisan kulit bagian atas yang rusak dan secara alami mencerahkan kulit.

Jika kamu memiliki kulit sensitive, kamu bisa mencari produk dengan asam laktat, yang merupakan pilihan yang baik untuk mencerahkan yang kemungkinan tidak akan mengganggu kulit yang paling sensitif sekalipun. Ada juga niacinamide yang dapat mengurangi hiperpigementasi, mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Baca juga artikel lainnya : Rejuvenation : Pengertian, Manfaat, dan Treatment

Metode untuk Mencerahkan Kulit

Kulit kusam adalah kulit yang tidak terlihat cerah dan terlihat gelap, juga mengelupas serta bernoda. Penyebabnya karena perubahan cuaca atau faktor gaya hidup. Kulit secara konstan melepaskan sel-sel mati. Seluruh lapisan kulit mengganti dirinya sendiri kira-kira setiap 4 minggu.

Ketika sel mati terkumpul di permukaan, mereka dapat membuat kulit tampak kusam. Dengan mengangkat sel kulit mati dari wajah dan mengisi kembali kelembapannya, orang dapat mencerahkan kulit mereka dan mengurangi tampilan kusam.

Ada beberapa metode untuk mencerahkan kulit secara alami dan sesuai prosedur dermatologis :

1. Exfoliating

Eksfoliasi adalah teknik menghilangkan sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Teknik ini membantu meningkatkan kecerahan kulit dan menciptakan kulit yang lebih halus dan lebih berkilau.

Seberapa sering seseorang harus melakukan eksfoliasi bervariasi tergantung jenis kulit dan teknik eksfoliasi. Kamu harus menghindari eksfoliasi yang terlalu sering, karena bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan lapisan di bawahnya memproduksi minyak berlebih. Kamu harus menggunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi untuk mencegah kulit mengering.

2. Menggunakan Pelembap

Pelembap membuat kulit kembali terhidrasi dengan baik. Proses ini menjadi penghalang ekstra yang melindungi kulit dari efek lingkungan. Pelembap juga mengurangi tampilan kusam yang disebabkan oleh cuaca yang ekstrim. Frekuensi penggunaan pelembap dan jenis pelembap yang digunakan tergantung jenis kulit seperti kering, berminyak, atau kombinasi.

3. Menggunakan Rol Wajah

Rol wajah secara khusus mengincar kulit di wajah. Alat ini meningkatkan sirkulasi dan mengurangi bengkak, yang dapat bermanfaat bagi kecerahan kulit. Cara menggunakan rol wajah dimulai dari bagian tengah wajah dan bekerja ke arah luar, mengikuti garis-garis alami wajah untuk mempertegas struktur wajah.

4. Menggunakan Laser

Prosedur dermatologis yang dapat membantu mencerahkan kulit yaitu dengan menggunakan laser. Sinar laser menembus jauh ke dalam kulit menggunakan energi panas. Sinar tersebut merangsang produksi kolagen dan membantu regenerasi sel untuk memperbaiki kulit yang rusak.

5. Chemical Peel

Treatment ini tidak hanya membantu mencerahkan kulit dengan menghilangkan lapisan kulit mati, mengurangi noda, tetapi juga merangsang produksi kolagen. Selain itu chemical peel dapat mengurangi tampilan pori-pori besar, membantu mencegah jerawat, dan memudarkan perubahan warna dengan keseluruhan.

Brightening VS Whitening, Apakah Berbeda?

Perbedaan utama dari brightening dan whitening yaitu skincare whitening bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih putih. Banyak pendapat yang menyatakan jika whitening skincare kurang direkomendasikan untuk dipakai dalam jangka panjang karena adanya efek samping jangka panjang.

Jika brightening bekerja mencerahkan kulit dengan cara mengelupas kulit, sedangkan cara kerja whitening dengan cara menghambat produksi melanin pada kulit. Kandungan dalam brightening biasanya lebih aman dibandingkan kandungan dalam whitening.

Brightening dalam perawatan kulit memberikan tampilan wajah lebih cerah dan segar. Tujuan dari brightening sendiri untuk mengatasi noda hitam, hiperpigmentasi dan noda hitam bekas jerawat.

Sedangkan untuk whitening dalam perawatan kulit bertujuan membuat kulit lebih putih. Tujuan dari whitening untuk mengurangi produksi melanin pada kulit, yang menyebabkan kulit lebih gelap. Perlu diingat bahwa bahan-bahan seperti arbutin atau kojic acid harus digunakan dengan hati-hati dan pengawasan dari dokter karena dikhawatirkan iritasi dan efek samping lainnya.

Skincare dengan tipe brightening dan whitening tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih diantara keduanya sesuai dengan kebutuhan. Keputusan yang kamu buat harus dibuat dengan mempertimbangkan jenis kulit, pilihan bahan yang ada di produk skincare, dan keamanan juga efek samping dalam panjang.

Produk skincare dari Cyskin dapat membantu mencerahkan kulitmu. Kamu bisa mendapatkan produknya dari shopee, lazada, atau tokopedia. Ayo beli sekarang juga sebelum kehabisan!  

Jika kamu mau kulitmu cerah dengan cepat kamu bisa melakukan treatment Calysta Skin Clinic yang sudah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun. Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dokter bisa memberikan saran treatment yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kamu dapat menghubungi lewat whatsapp clinic disini!

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *