fbpx
calysta skin clinic

Skincare Remaja Untuk Kulit Sehat dan Bebas Masalah

Skincare Remaja
Skincare Remaja

Di pasaran memang sudah banyak skincare yang dapat mengatasi semua masalah kulitmu. Menggunakan skincare penting dilakukan sejak dini dan kini sudah banyak skincare remaja yang membuat kulitmu sehat dan bebas dari permasalahan kulit.

Ketika ada tanda-tanda kulit berminyak atau berjerawat, ada baiknya kamu mulai rutinitas perawatan kulit yang baik. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai betapa pentingnya skincare remaja dan rekomendasi skincare remaja untuk kamu!

Rutinitas Skincare Remaja, Apakah Diperlukan?

Remaja mulai mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan produksi sebum (minyak) berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, menciptakan kilauan berlebih dan dapat menyebabkan timbulnya noda. Apabila ada produk yang tidak cocok, mereka dapat menimbulkan iritasi dan menambah masalah kulit.

Jika kamu menderita jerawat saat remaja, ada berbagai produk yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati jerawat, seperti salicylic acid. Namun, produk perawatan kulit terbaik tergantung pada penyebab jerawat dan jenis kulit kamu.

Meskipun permasalahan kulit seperti kulit kering dan jerawat adalah hal yang normal dan sangat umum terjadi, namun hal tersebut dapat menyebabkan rasa tidak percaya diri. Menjaga kulit kamu tetap bersih dan sehat juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Produk skincare remaja yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulitmu.

Tips Skincare Remaja

Berinvestasi dalam perawatan kulit juga dapat membantumu menjadi terbiasa untuk merawat kulit dalam jangka panjang. Perawatan kulit menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia. Tetapi memulai kebiasaan baik ini di usia muda akan membuat kamu melanjutkannya dalam jangka panjang. Contohnya, jika kamu mulai rutin menggunakan pembersih wajah dan sunscreen, kamu akan melakukannya seiring bertambahnya usia.

Mulailah dengan Pembersih yang Lembut

Langkah pertama dalam rutinitas skincare remaja adalah menggunakan pembersih yang lembut setiap pagi dan malam. Kulit seorang remaja, biasanya masih sensitif dan rentan terhadap iritasi, sehingga kamu harus memilih pembersih yang mengandung bahan yang lembut.  

Sangat penting bagi remaja untuk membersihkan wajah dengan benar dengan bahan yang efektif membuka pori-pori, mengangkat sel kulit mati dan melawan bakteri penyebab flek. Pada usia remaja, mereka cenderung lebih banyak olahraga dan berkeringat lebih banyak yang jika tidak dikeluarkan secara efektif dari kulit dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Pelembap

Pelembap tidak hanya akan membantu menghidrasi kembali kulit setelah pembersihan tetapi juga membantu melindungi kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, kamu mungkin tergoda untuk menghindari pelembap karena kamu tidak ingin menambah kelembapan dan minyak pada kulit kamu. Melembapkan setiap hari adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kulit berminyak atau berjerawat. Ketika kulit kering, kamu dapat memakai pelembap yang bisa melembapkan kulit setiap hari. Hal ini akan mencegah kekeringan dan iritasi.

Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen dapat mencegah kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi risiko terkena kanker kulit. Secara umum disarankan menggunakan sunscreen yang bebas bahan kimia.  Jangan lupa untuk menggunakan kembali setiap 2 jam sekali.

Gunakan Produk Non-Komedogenik

Produk perawatan kulit non-comedogenic pada dasarnya adalah produk yang diformulasikan secara khusus untuk tidak menyumbat pori-pori kamu. Itu berarti produk ini tidak akan menyebabkan komedo putih atau komedo hitam sehingga kamu akan terbebas dari komedo. Jadi setiap kali kamu berbelanja skincare remaja kamu, mulai dari pelembap hingga sunscreen, pastikan produk tersebut tidak mengandung komedogenik pada labelnya.

Mengobati Jerawat Sejak Dini

Jerawat sangat umum terjadi pada masa pubertas karena hormon, tapi bukan berarti jerawat akan hilang dengan sendirinya. Pilihlah skincare remaja yang sesuai agar masalah jerawat kamu teratasi.

Jaga Rutinitas Kamu Tetap Simpel

Gunakanlah beberapa produk yang sederhana, jangan melakukan eksfoliasi berlebihan dan hindari menyentuh kulit atau memencet jerawat di kulit kamu. Terlalu banyak produk dan terlalu sering mencuci muka dapat mengiritasi kulit kamu dan menyebabkan jerawat.

Hindari Tidur dengan Make Up Kamu

Tidur dengan make up dapat menyebabkan iritasi dan jerawat, jadi pastikan untuk menghapus riasan wajah kamu setiap malam sebelum tidur. Kamu harus menghapus riasan kamu dengan pembersih make up lalu bilas wajah kamu dengan pembersih wajah yang lembut.

Baca juga Artikel Lainnya: Treatment Wajah Terdekat? Temukan Jawabannya Disini!

Memahami Perbedaan Antara Kulit Remaja dan Dewasa

Melansir dari skinkraft, ketika kamu memasuki usia remaja, tubuh akan mengalami serangkaian transformasi.

Perubahan Struktural

Saat masa remaja dimulai, frekuensi pembaruan kulit akan menurun. Umumnya, kulit remaja lebih keras dan lebih Tangguh daripada kulit anak-anak. Namun, pada usia remaja, kulit makin elastis dan mampu beregenerasi dengan cepat. Kulit wajah remaja memiliki banyak kolagen (protein yang paling melimpah dalam tubuh kamu). Namun saat kamu memasuki usia dewasa, produksi kolagen menurun. Hal ini membuat kulit kamu rentan terhadap kekenduran, garis-garis halus, dan kerutan.

Perubahan Hormonal

Sebagai respons terhadap perubahan hormone dalam tubuh kamu, beberapa masalah kulit bisa berkembang. Perubahan yang paling menonjol pada kulit kamu adalah peningkatan produksi minyak atau sebum. Penumpukan minyak dan keringat yang berlebihan akan memerangkap kotoran dan sisa-sisa riasan di dalam sel kulit kamu. Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

Orang dewasa juga tidak aman dari jerawat. Meskipun frekuensinya lebih sedikit pada orang dewasa, kecuali disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasari atau pola makan yang buruk. Pada orang dewasa, wanita lebih mungkin mengembangkan jerawat karena perubahan hormonal selama kehamilan dan menstruasi. Namun, hormon orang dewasa cenderung mendatar dan menjadi lebih konsisten yang menghasilkan bentuk jerawat yang tidak terlalu parah.

Melihat adanya perbedaan antara kulit remaja dan dewasa, penting untuk mengetahui skincare remaja yang sesuai dengan permasalahan kulit dan jenis kulitmu. Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan skincare remaja untukmu!

Rekomendasi Produk Cyskin Untuk Remaja

Cyskin by Calysta sudah berdiri dari tahun 2012, ia dikenal memiliki banyak produk yang mana hampir semua skincare dapat digunakan oleh remaja.

1. Clarifying Gentle Face Cleanser

Skincare Remaja

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Seboclearâ„¢ dan Witch Hazel, berfungsi untuk mencegah timbulnya komedo, jerawat serta membersihkan pori dan kulit wajah tanpa meninggalkan rasa kering. Untuk kulit berminyak dan berjerawat serta bisa digunakan dari usia 12 tahun.

2. Liquorice Glow Face Cleanser

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Licorice, Witch Hazel dan Niacinamide, berfungsi untuk membersihkan melembabkan dan mencerahkan wajah. Untuk kulit kering dan kusam serta bisa digunakan dari usia 12 tahun.

3. Panthenoin Soothing Face Cleanse

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Panthenol, 7 Natural Soothing Extract dan Honey, berfungsi untuk menenangkan kulit yang kemerahan, mengurangi iritasi, membersihkan serta melembabkan kulit. Untuk kulit sensitif serta bisa digunakan dari usia 12 tahun.

4. Daily Sun Protect & Bright

Sunscreen Hybrid yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan UVA dan UVB. Diperkaya dengan kandungan Vitamin C yang berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit kusam. Dapat digunakan dari usia 12 tahun.

5. Daily Sun Protect & Clear

Sunscreen Hybrid yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan UVA dan UVB. Diperkaya dengan kandungan Niacinamide yang berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan akibat iritasi dan jerawat. Dapat digunakan dari usia 12 tahun.

6. Daily Sun Protect & Moisture

Sunscreen Hybrid yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan UVA dan UVB. Diperkaya dengan kandungan Kiwi Extract yang berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Dapat digunakan dari usia 12 tahun.

7. Daily Sun Protect & Soothing

Sunscreen Hybrid yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan UVA dan UVB. Diperkaya dengan kandungan Panthenol dan Aloe vera yang berfungsi untuk membantu menenangkan kulit kemerahan serta mengatasi iritasi. Cocok untuk kulit Sensitif dan dapat digunakan dari usia 12 tahun.

Itulah beberapa tips skincare remaja, perbedaan kulit remaja dan dewasa, serta rekomendasi skincare remaja untuk kamu. Apabila kamu tertarik untuk membeli produk skincare Cyskin untuk remaja, kamu dapat melakukan checkout disini! Jangan lupa untuk mengikuti akun instagram Cyskin by Calysta.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *