fbpx
calysta skin clinic

10 Cara Merawat Kulit Agar Wajah Bebas Masalah

Cara Merawat Kulit
Cara Merawat Kulit

Kulit adalah organ tubuh yang paling luas dan memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Salah satu manfaat kulit adalah pelindung utama tubuh dari berbagai zat berbahaya dan lingkungan eksternal seperti bakteri dan virus. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara merawat kulit agar kamu mendapatkan kulit yang sehat , bercahaya dan terhidrasi.

Dalam artikel ini akan dibahas cara merawat kulit. Yuk simak pembahasannya hingga akhir!

Tipe Jenis Kulit 

Sebelum kamu mengetahui cara merawat kulit, kamu perlu mengetahui tipe jenis kulit. Melansir dari us dermatology, kulit orang kebanyakan termasuk ke dalam salah satu dari lima kategori:

Kulit Seimbang 

Sering disebut kulit “normal”, tetapi sebenarnya jauh dari normal. Kulit seimbang mungkin merupakan jenis kulit yang paling langka. Secara umum, disebut seimbang atau normal berarti kulit seseorang tidak terlalu kering, berminyak, atau sensitif. Sebaliknya, kulit ini memiliki keseimbangan yang baik antara produksi minyak dan pelindung yang sehat dengan warna dan tekstur kulit yang merata. Sebagian besar produk perawatan kulit dan kosmetik akan efektif tanpa menyebabkan iritasi. 

Kulit Kering

Tekstur kulit kering bisa kasar, bersisik atau mengelupas, dan area yang kering dapat membuat warna kulit tidak merata. Kosmetik dan produk perawatan kulit cenderung menghilangkan kelembapan dari kulit, jadi penting untuk memilih produk yang dapat melembapkan dan melindungi kulit. 

Kulit Berminyak 

Jenis kulit ini terjadi ketika tubuh memproduksi sebum (minyak) secara berlebihan, membuat kulit tampak berminyak atau terlalu berkilau. Orang dengan kulit berminyak mungkin juga memiliki pori-pori besar yang sangat terlihat. Produk yang menambahkan kelembapn pada kulit dapat meningkatkan risiko berjerawat, tetapi jika tidak memberikan kelembapan yang cukup dapat memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sebum, sehingga meningkatkan sifat berminyak. 

Kulit Kombinasi

Jenis kulit ini memiliki bercak-bercak berminyak dan kering. Bagi banyak orang, hal ini terlihat seperti “zona-T” yang berminyak (dahi, hidung, dagu) dan kekeringan di pipi dan bintik-bintik di area lain. Mencapai keseimbangan harus menjadi tujuan perawatan kulit untuk jenis kulit kombinasi. Hal ini mungkin melibatkan perawatan spot tertentu untuk mengatasi area tertentu yang kering dan berminyak. 

Kulit Sensitif 

Kulit orang sensitif biasanya akan bereaksi berbeda terhadap kosmetik dan produk perawatan kulit. Kulit sensitif mungkin memiliki respons yang meningkat ketika produk baru dipakai, seperti pembersih, pelembap dan produk lain yang lembut dapat menyebabkan jerawat, ruam, peradangan, dan masalah lainnya. Penting untuk memperkenalkan produk baru secara bertahap dan melakukan uji coba perawatan  baru sebelum mengaplikasikannya ke area yang lebih luas. 

Cara Merawat Kulit 

1. Mencuci Wajah Kamu

Cara Merawat Kulit

Mencuci Wajah akan menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri yang menumpuk dan membuat pori-pori tampak lebih besar. Kamu harus mencuci wajah saat kamu bangun tidur untuk menghilangkan kotoran dan minyak dan mencuci wajah sebelum tidur untuk menghilangkan make up dan kotoran yang menempel. Kamu harus mencuci wajah setelah kamu berkeringat atau berolahraga. Kamu harus menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan masalah kulit kamu. 

2. Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembap setiap hari penting untuk setiap jenis kulit, baik kulit kering, berminyak, atau berjerawat. Pelembap yang tepat akan membantu mencegah kulit kering dan bersisik serta menjaga sel-sel kulit bekerja dengan baik, mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan. 

3. Batasi Paparan Sinar Matahari

Jika kulit terbakar, bisa saja tidak terlihat pada kulit kamu. Kamu mungkin menyimpan kerusakan kulit di bawahnya. Photoaging dapat menyebabkan garis-garis dalam atau bercak kering bersisik yang disebut keratosis aktinik. Photoaging juga berkontribusi pada keriput, bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan bisa saja terjadi kanker kulit.

Menggunakan sunscreen di seluruh tubuh kamu, termasuk pelembap ringan dengan SPF di wajah kamu, sangat penting untuk menjaga dan melindungi kulit kamu agar tetap sehat dan awet muda. Kamu juga harus mengenakan pakaian pelindung dan membatasi paparan sinar matahari. 

4. Tetap Terhidrasi

Hidrasi dari dalam ke luar adalah kunci untuk kesehatan kulit kamu. Minum air sangat penting untuk menjaga semua organ tubuh kita tetap sehat. Kulit yang mengalami dehidrasi dapat terlihat kusam, gata;, dan kering, serta membuat garis-garis lebih terlihat. Air dapat membantu mengeluarkan racun yang menyebabkan peradangan dan kemerahan juga membuat kulit terhidrasi sehingga kulit kamu akan bersinar sehat. 

Baca juga Artikel Lainnya: Kulit Kering Bersisik, Ini Penyebab dan Solusinya

5. Kurangi Stress

Penting untuk mengevaluasi penyebab stress yang tidak perlu dan segera mengatasinya dari kehidupan kamu. Meskipun tidak mudah, kamu perlu mengatasinya untuk kesehatan mental dan kulit kamu. Hormon stress kortisol dapat membuat psoriasis dan kondisi perawatan kulit lainnya menjadi lebih parah, selain memproduksi minyak berlebih dan menyebabkan kekeringan di area lain. Tips perawatan kulit terbaik tidak hanya berfokus pada satu organ saja, tapi juga tubuh kamu secara keseluruhan, sehingga kulit kamu perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengimbangi stress dan lebih banyak waktu untuk terlihat segar dan sehat. 

6. Jangan Merokok

Merokok membuat kulit kamu terlihat lebih tua dan menyebabkan keriput. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang mengurangi aliran darah dan membuat kulit menjadi lebih pucat. Hal ini juga membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin – keduanya memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Selain itu, ekspresi wajah berulang saat kamu merokok seperti mengerucutkan bibir saat menarik napas dan menyipitkan mata untuk menghindari asap- dapat menyebabkan keriput. 

7. Jangan Lupa Istirahat

Saat kita tidur, tubuh kita meregenerasi sel-sel baru, menyembuhkan, dan membersihkan tubuh dari kortisol penyebab jerawat. Tidur harus menjadi prioritas harian kamu untuk melindungi kesehatan dan kulitmu. Tidur yang sehat harus dilakukan selama 8 sampai 9 jam. 

8. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga membantu meningkatkan aliran darah, menarik oksigen ke dalam dan radikal bebas dari kulit. Olahraga juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Pastikan untuk mencuci wajah Anda setelah berolahraga.

9. Makanlah Antioksidan

Cara merawat kulit selanjutnya adalah makanlah antioksidan. Selain kaya akan serat (prebiotik) sayuran berdaun hijau gelap, banyak sayuran, buah beri, dan buah-buahan lezat lainnya yang memiliki banyak antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. 

10. Jaga Kesehatan Usus Kamu

Ketika mikrobioma usus (komunitas triliunan mikroorganisme yang hidup di usus manusia yang memainkan peran penting dalam kesehatan manusia) sehat, peradangan dan kemerahan akan lebih jarang terjadi dan jauh lebih mudah dikelola.

Sedangkan ketika mikrobioma usus tidak sehat, hal ini dapat menunjukkannya dengan berbagai cara, termasuk pada kulit kamu. Contohnya seperti muncul jerawat dan terjadi penuaan dini. Cobalah untuk mengkonsumsi banyak makanan prebiotik seperti asinan kubis, yogurt, atau pisang. 

Itulah tipe jenis kulit dan cara merawat kulit. Cara diatas harus kamu lakukan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Apabila kamu tertarik untuk mencoba treatment, kamu dapat menghubungi link whatsapp disini.


Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *