fbpx
calysta skin clinic

Manfaat Beras, Bisa Bikin Kulit Sehat! Masa Sih?

Manfaat Beras
Manfaat Beras

Ada beberapa bahan yang tersedia di rumah yang bisa memberikan manfaat bagi kulitmu. Salah satu manfaat beras adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit kamu. Air beras sudah digunakan secara turun temurun untuk mendapat kulit yang bercahaya dan halus.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat air beras dan bagaimana cara membuat air beras. Simak artikelnya hingga akhir!

Apa itu Air Beras?

Air beras adalah air bertepung yang tersisa setelah merendam atau merebus beras. Air beras dipercaya mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat bermanfaat bagi kulit seperti antioksidan dan asam amino. 

Menurut Be Beautiful, air beras telah digunakan dalam ritual kecantikan Asia selama berabad-abad. Khususnya di Cina, Jepang, dan Korea, para wanita menggunakan air beras sebagai kondisioner alami untuk mencuci wajah dan rambut mereka.

Faktanya, desa Huangluo di Cina, tempat tinggal para wanita suku Red Yao, memegang rekor  Guinness sebagai ‘Desa dengan rambut terpanjang di dunia’. Dengan panjang rambut rata-rata 1,6 meter, tekstur yang berkilau dan tanda-tanda penuaan yang sangat rendah pada kulit dan rambut, para wanita ini mengaitkan kecantikan awet muda mereka dengan air beras. Beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja dan Indonesia juga memiliki sejarah menggunakan air beras dalam rutinitas kecantikan mereka.

Manfaat Air Beras

1. Mencerahkan Kulit

Banyak produk skincare, termasuk sabun, toner, dan krim yang mengandung air beras. Air beras juga dikenal dapat mencerahkan kulit atau mengurangi bercak-bercak gelap sehingga memberikan warna kulit yang merata. Air beras dapat menjaga kulit kamu tetap sehat, bercahaya, dan bersih.

2. Menenangkan Kulit dari Kerusakan yang Disebabkan oleh Sinar Matahari

Kerusakan akibat sinar matahari seperti kulit terbakar, peradangan, kemerahan, dan gatal-gatal dapat diatasi dengan mengoleskan air beras kanji. Efek pendinginannya dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan dapat mengurangi warna kecoklatan (melasma).

Dalam sebuah studi tahun 2013, menunjukkan bahwa arak beras (air beras yang difermentasi) bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit karena sinar matahari. Arak beras meningkatkan kolagen pada kulit yang membuat kulit tetap kenyal dan membantu mencegah kerutan.

3. Memiliki Manfaat Anti-Penuaan

Air beras kaya akan asam amino, antioksidan dan mineral yang dapat mengurangi atau memperlambat proses penuaan kulit. Air beras juga dapat menghambat aktivitas elastase, enzim yang bertanggung jawab atas penuaan kulit. Kesimpulannya, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat mengurangi munculnya tanda penuaan pada kulit.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Skin Barrier

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang mencegah kulit menjadi kering dan rentan terhadap kondisi eksim dan dermatitis atopik. Namun, menggunakan air beras pada wajah memungkinkan kandungan pati di dalamnya untuk melindungi pelindung kulit secara alami.

Cara Membuat Air Beras pada Wajah

Ada berbagai cara untuk menyiapkan air beras. Semuanya membutuhkan pembilasan beras secara menyeluruh sebelum mengolahnya. Sebagian besar orang mengatakan bahwa jenis beras yang kamu gunakan masalah.

Dilansir dari healthline, berikut adalah cara membuat air beras pada wajah:

Mendidihkan Air Beras

Bilas beras sampai bersih dan tiriskan. Gunakan air sekitar 4x lebih banyak dari beras. Aduk beras dan air bersama-sama dan didihkan. Angkat lalu ambil sendok dan tekan beras untuk mengeluarkan zat-zat kimia yang berguna. Saring beras dengan saringan dan dinginkan air dalam wadah kedap udara hingga seminggu. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Merendam Air Beras

Kamu juga bisa membuat air beras dengan cara merendam beras ke dalam air. Ikuti proses yang sama dengan di atas, tapi daripada mendidihkan beras dan air, biarkan untuk direndam setidaknya 30 menit sebelum memeras beras dan menyaringnya melalui saringan. Terakhir, dinginkan air beras.

Air Beras yang Difermentasi

Untuk membuat air beras fermentasi, gunakan proses yang sama dengan merendam beras. Kemudian, daripada mendinginkan air setelah memeras dan menyaringnya melalui saringan, tinggalkan toples di suhu kamar selama satu atau dua hari. Ketika wadah mulai berbau asam, masukan ke dalam kulkas. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan Air Beras untuk Skincare

Ada beberapa cara untuk menggunakan air beras untuk perawatan kulit, diantaranya:

  • Mencuci wajah menggunakan air beras
  • Mengoleskan air beras sebagai toner setelah dibersihkan
  • Memercikkan air beras ke wajah setelah menuangkannya ke dalam botol semprot
  • Menambahkan air beras ke dalam bak mandi
  • Menambahkan air beras ke dalam rendaman kaki

Sedangkan melansir dari health shots, berikut adalah cara menggunakan air beras untuk kulit:

  1. Untuk menggunakan air beras pada wajah, masukan terlebih dahulu ke dalam botol semprot.
  2. Bersihkan wajah kamu sebelum menggunakan air beras
  3. Kemudian semprotkan air beras ke wajah secara langsung sebagai toner
  4. Selain menyemprotkan, kamu juga bisa menggunakan bola kapas untuk mengaplikasikan air beras.
  5. Biarkan air beras di wajah kamu selama 20-30 menit
  6. Cuci bersih dengan air
  7. Tambahkan air beras ke dalam rutinitas kecantikan kamu untuk mendapatkan kulit yang segar kembali.

Apakah Ada Resikonya?

Melansir dari medical news today, tidak ada bukti bahwa air beras berbahaya bagi kulit. Namun, seperti halnya produk kecantikan lainnya, sebaiknya kamu melakukan uji produk pada bagian kecil kulitmu terlebih dahulu.

Air beras tetap aman digunakan selama satu minggu. Dianjurkan untuk membuang air beras yang sudah lebih lama dari ini. Orang dengan alergi beras sebaiknya tidak menggunakan air beras.

Penting untuk kamu tau, bahwa air beras bukanlah pengganti perawatan medis. Air beras dapat membantu mengatasi kondisi kulit, tetapi untuk perawatan yang terbukti dan efektif untuk kondisi seperti eksim, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter.

Itulah manfaat dari air beras dan cara membuat air beras serta cara menggunakan air berasnya. Jika kamu memiliki masalah atau kondisi kulit tertentu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukan rutinitas perawatan kulit. Kamu bisa berkonsultasi disini.

Apabila kamu ingin mencoba skincare cyskin, kamu dapat melihatnya terlebih dahulu disini. Jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram kami disini

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *