fbpx
calysta skin clinic

8 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Kulit

Alpukat
Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang populer. Selain rasanya yang lezat, buah berwarna hijau ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini karena lemak sehat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah berwarna hijau ini.

Tidak hanya tinggi akan lemak sehat, buah ini juga merupakan sumber vitamin E dan C yang sangat baik. Keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan dan vitalitas kulitmu. Dalam artikel ini akan dibahas manfaat buah alpukat untuk kesehatan kulit. Yuk simak!

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kulit

1. Menenangkan Kondisi Kulit

Melansir dari health line, menurut Maya Ivanjesku, kepala petugas ilmiah di LaFlore Probiotic Skincare, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat bisa membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Nutrisi yang sama bisa membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

2. Mencegah Kerusakan Kulit

Berdasarkan penelitian dari tahun 2011, menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Kerusakan akibat sinar matahari pada kulit kamu dapat menyebabkan keriput, serta tanda penuaan, dan yang paling parah bisa menyebabkan kanker kulit.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa vitamin C dan vitamin E dalam buah berwarna hijau ini, memiliki peran penting dalam membantu melindungi kulit kamu dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Menurut sebuah studi tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita melihat hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan mikronutrien antioksidan. Peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ada di dalam alpukat, membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya keriput.

4. Meminimalkan Jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, Ivanjesku mengatakan bahwa membersihkan wajah dengan minyak alpukat dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini disebabkan oleh sifat antimikroba dalam minyak alpukat. Menggunakan minyaknya sebagai pembersih dapat membantu kulit terasa kenyal dan lembap.

5. Mencegah Kulit Kering

Alpukat merupakan sumber biotin, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin diketahui dapat membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Hal ini dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

Minyak dari buah ini juga mengandung kalium, lesitin, dan banyak nutrisi lain yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Lapisan kulit terluar yang dikenal sebagai epidermis, dengan mudah menyerap nutrisi ini yang juga membantu membentuk kulit baru.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak alpukat dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. Dalam sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa asam lemak esensial dan asam oleat dalam minyak buah ini dapat meningkatkan sintesis kolagen, yang merupakan proses pembuatan jaringan ikat baru.

Asam lemak esensial dalam minyak alpukat juga ditemukan dapat membantu mengurangi peradangan selama proses penyembuhan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia untuk menentukan apakah minyak ini dapat digunakan untuk mengobati luka.

7. Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Antioksidan dalam minyak alpukat dapat membantu meringankan gejala kulit yang terbakar sinar matahari. Menurut sebuah ulasan tahun 2011, kandungan vitamin E, beta karoten, vitamin D, protein, lesitin, dan asam lemak esensial dalam minyak ini bisa membantu penyembuhan dan menenangkan kulit. Penelitian lainnya telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah hijau ini dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya.

8. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Alpukat memiliki sifat anti-penuaan yang bekerja seperti keajaiban pada kulit. Buah ini kaya akan vitamin esensial seperti vitamin A,C, DAN E serta asam oleat dan asam linoleat. Semua ini membantu mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus sekaligus memudarkan bintik-bintik penuaan.

Bagaimana Cara Memakai Alpukat di Kulit?

Buah Alpukat

Baik dimakan langsung atau dijadikan masker, alpukat memang sangat bagus untuk kulitmu. Antioksidannya, dapat membantu menjaga kulit tetap awet muda dengan menghaluskan kerutan. Nutrisi yang sama juga bisa melindungi mata kamu juga kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca juga Artikel Lainnya: Intip Keseruan Event Anniversary Calysta Depok

Melansir dari health line, Maria Velve, seorang penata rias bersertifikat dan pakar kecantikan ramah lingkungan, membagikan cara membuat masker wajah yang melembapkan dengan kandungan alpukat dan madu yang melembapkan.

Masker Wajah dengan Alpukat dan Madu

Bahan-bahan:

  • 1 sdm minyak kelapa padat (masukan ke dalam lemari es untuk mengeras jika masih dalam bentuk cair)
  • ½ buah alpukat matang
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air

Petunjuk

  • Potong alpukat matang menjadi dua, lalu buang bijinya, dan keluarkan daging buahnya
  • Masukan minyak kelapa, madu, dan air ke dalam mangkuk
  • Haluskan menjadi adonan menggunakan blender genggam
  • Gunakan segera setelah dibuat

Cara Menggunakan

  • Pastikan wajah kamu sudah bersih dan kering
  • Hangatkan kulit kamu dengan kain penutup wajah yang hangat dan lembap selama 20 detik untuk membuka pori-pori
  • Oleskan masker ke wajah dengan menggunakan jari atau kuas, hindari area mata
  • Biarkan masker menempel selama 15-20 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat dan tepuk wajah kamu hingga kering dengan handuk lembut
  • Lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit rutin, seperti memakai pelembap atau serum

Melansir dari my glamm, berikut adalah 2 resep yang bisa kamu coba untuk memasukkan alpukat ke dalam rutinitas perawatan kulit. Masker alpukat buatan sendiri ini adalah yang terbaik untuk mendapatkan kulit bercahaya dan sehat.

Masker Wajah Pisang dan Alpukat

Haluskan ¼ alpukat matang dan ¼ pisang matang dalam mangkuk. Kemudian campurkan satu sendok makan madu untuk membuat adonan kental. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Masker ini akan menutrisi dan melembapkan kulit kamu secara mendalam sekaligus meredakan peradangan. Bersihkan masker setelah 15 menit dan bilas dengan air.

Masker Wajah Yoghurt dan Alpukat

Ingin kulit wajah bercahaya? Haluskan ¼ buah alpukat dan masukan satu sendok yoghurt. Kamu bahkan dapat menambahkan satu sendok fuller’s earth jika kamu memiliki kulit berminyak. Oleskan adonan yang sudah jadi ke wajah kamu dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dan bilas dengan air.

Apakah Ada Efek Samping dari Penggunaan Alpukat di Wajah?

Jika kamu belum pernah menggunakan alpukat atau minyak alpukat pada kulit kamu, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Untuk melakukan patch test, oleskan sedikit alpukat atau minyak alpukat ke bagian dalam siku atau pergelangan tangan.

Jika kamu memiliki alergi pada alpukat, kamu akan merasakan gatal, kemerahan, bengkak, atau rasa terbakar dalam beberapa jam. Jika kamu tidak mengalami reaksi apapun dalam 24 jam, kemungkinan besar ini aman digunakan pada wajah. Siapa pun yang alergi terhadap alpukat harus menghindari kontak dengan minyak alpukat.

Jika penggunaan alpukat tidak efektif untuk mengatasi masalah kulitmu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan solusi terbaik. Kamu juga dapat mengecek produk kami yang dapat mengatasi masalah kulitmu disini.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *