fbpx
calysta skin clinic

Rekomendasi Treatment Untuk Kulit Kusam

Treatment Untuk Kulit Kusam
Treatment Untuk Kulit Kusam

Kulit kusam adalah kulit yang tidak terlihat cerah atau berseri-seri bahkan mungkin terlihat gelap, berminyak atau mengelupas serta bernoda. Oleh karena itu salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam kamu bisa menggunakan treatment yang ada di klinik kecantikan.

Lantas, apa penyebab kulit kusam dan apa saja treatment untuk mengatasi kulit kusam? Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini!

Penyebab Kulit Kusam

Berikut adalah penyebab umum dari kulit kusam :

1. Dehidrasi

Kulit dehidrasi mengacu pada kulit yang kekurangan air. Kulit yang mengalami dehidrasi juga lebih rentan pada kulit kendur, kerutan, dan kulit kasar. Jika kamu tidak minum air yang cukup, ada kemungkinan akan mempengaruhi penampilan kulit kamu.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan hubungan yang kuat antara minum air yang cukup dengan kulit yang sehat. Jika kamu meminum banyak air maka akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit kamu. Selain itu, mengoleskan produk skincare yang memiliki kandungan menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulitmu.

2. Kurang Pelembap

Jika kulitmu cenderung kering, kamu membutuhkan pelembap. Oleh karena itu jangan sampai kamu mengurangi penggunaan pelembap karena dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu dan malah menyebabkan kusam. Menggunakan pelembap dua kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit kamu dan melindungi lapisan atas kulit.

3. Penuaan

Salah satu ciri penuaan adalah munculnya garis halus dan kerutan. Tanda penuaan tidak dapat dicegah ataupun ditunda. Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi akan melambat sehingga kulit kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, penuaan juga menyebabkan kulit memproduksi lebih sedikit minyak alami. Kondisi ini yang membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

4. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulitmu secara alami akan melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Namun, terkadang sel mati tidak mengelupas sebagaimana mestinya. Sel-sel mati justru menumpuk di permukaan kulit dan malah menyebabkan kulit menjadi kusam, bersisik, dan tidak merata.

5. Merokok

Dilansir dari healthline, sebuah penelitian pada tahun 2010, merokok merupakan faktor pemicu penuaan dini pada kulit. Penelitian ini menemukan bahwa merokok dapat mengganggu produksi kolagen dan menurunkan serat elastisitas dan jaringan ikat di kulit. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan stress oksidatif pada sel kulit sehingga mempercepat penuaan dan menyebabkan kulit tampak kusam.

6. Faktor Lingkungan

Kotoran, cuaca kering, angin kencang, dan papan sinar matahari dapat memberikan efek negatif pada kulit, terutama jika tidak terlindungi. Faktor lingkungan seperti ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, membuat kusam, kasar, dan bersisik. Faktor lainnya adalah polusi, seperti debu, asap rokok, dan banyak lagi. Polusi dapat menyebabkan terjadi penuaan sebelum waktu atau memicu masalah kulit lain.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa cara mengatasi kulit kusam diantaranya :

1. Buatlah Eksfoliasi Sebagai Bagian dari Skincare Rutin

Proses eksfoliasi secara teratur adalah kunci untuk mendapat kulit bercahaya, menurut dokter kulit yang berbasis di New York City, Handley King, MD. Saat sel-sel kulit mati menumpuk di lapisan luar kulit, hal ini dapat membuat kulitmu terlihat kusam, kering, dan mengelupas, bahkan bisa menyumbat pori-pori. Pengelupasan kulit secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi.

Menurut King, eksfoliasi juga membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit kamu, mengurangi tampilan garis-garis halus dan meratakan tekstur kulit kamu. Selain itu juga, dengan eksfoliasi akan membantu mengencangkan kulit, membuatnya terlihat lebih muda, halus, dan sehat.

King menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu, eksfoliasi secara teratur dapat meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen. Secara umum king merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi dua kali seminggu dan meningkatkan frekuensinya sesuai dengan kemampuan kulit. Namun, kamu perlu berhati-hati jika kulit terlalu kering atau iritasi. Setelah melakukan eksfoliasi segera oleskan pelembap untuk mengunci kelembapan dan melindungi sel-sel kulit yang baru terbuka.

2. Lakukan dengan Lembut pada Kulitmu

“Kamu ingin memastikan bahwa kamu telah benar-benar menghapus make up dan kotoran yang menyumbat pori-pori, tetapi lakukanlah dengan lembut,” kata Tsippora Shainhouse, MD, FAAF.

Sarannya? Hindari scrub yang keras dan sabun yang bersifat mengeringkan, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, dan kulit bersisik.

Sebagai gantinya, gunakan susu pembersih terlebih dahulu untuk menghapus make up dan sunscreen yang tidak merusak lapisan atas kulit kamu. Kemudian, lakukan membasuh muka yang kedua dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan minyak.

3. Tambahkan serum ke skincare rutinmu

Serum wajah mengandung konsentrasi tinggi, dimana mengandung bahan-bahan yang membantu mencerahkan kulit kamu, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Karena serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit kamu, kamu dapat mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah membersihkan wajah.

Shainhouse merekomendasikan produk dengan :

  • Vitamin C
  • Vitamin B3 (Niacinamide)
  • Asam Ferulis
  • Resveratrol

Bahan-bahan diatas memiliki efek antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas yang merusak kolagen. Vitamin C juga membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam, sehingga kulit terlihat lebih cerah dari waktu ke waktu. Bahan utama lain yang harus dipertimbangkan adalah hyaluronic acid, yang mengikat air di lapisan permukaan kulit untuk sementara waktu.

Baca juga artikel lainnya : Klinik Skin Care Terdekat, yang Perlu Kamu Ketahui!

Rekomendasi Treatment Untuk Kulit Kusam di Calysta Skin Clinic

Calysta skin clinic adalah klinik kecantikan yang sudah berjalan selama lebih dari 1 dekade. Calysta mempunyai 15 cabang yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Jadetabek. Klinik kecantikan yang satu ini pun sudah mempunyai lebih dari 90.000+++ pelanggan.

Di Calysta Skin Clinic, terdapat treatment yang dapat mengatasi kulit kusam. Berikut adalah rekomendasi treatment dari kami untuk mengatasi kulit kusam :

1. Mesoglow Photorejuvenation

Treatment mesoglow photorejuvenation adalah treatment yang menggabungkan IPL rejuve/ brightening dengan mesoneedle (dermapen) menggunakan serum terbaik.

Treatment yang satu ini diindikasikan untuk hiperpigmentasi, pori-pori besar, kulit kusam, rejuvenation, hidrasi, anti oksidan, dan brightening.

2. Glow Skin Infusion

Merupakan treatment yang dilakukan dengan cara menginfus. Bermanfaat sebagai antioksidan, mencerahkan warna kulit, melembapkan kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Silky Skin Laser

Treatment silky skin laser adalah treatment kombinasi yang menggunakan alat dermapen dan alat laser rejuv. Treatment ini bermanfaat untuk menghaluskan tekstur kulit wajah yang tidak rata, memperbaiki bopeng, mengencangkan kulit wajah, dan memperbaiki pori-pori besar.

4. DNA Salmon Mesoskin

Treatment Untuk Kulit Kusam

Treatment DNA salmon adalah treatment yang menggunakan teknik dermapen dengan serum DNA Salmon. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari treatment DNA salmon mesoskin yaitu mencerahkan kulit, membersihkan kulit mati, mengurangi noda/flek hitam, meratakan warna kulit, merangsang peremajaan kulit, dan memperbaiki elastisitas pori-pori.

5. Laser Rejuvenation

Laser Rejuve adalah tindakan laser menggunakan sinar laser. Penggunaan laser bertujuan untuk rejuvenation kulit dan memperbaiki tekstur kulit. Laser rejuve diindikasikan untuk kamu yang memiliki kulit kusam, karena treatment ini bermanfaat untuk mengurangi kerut halus, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, menstimulasi kolagen baru, dan mencerahkan kulit.

Itulah penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasinya serta rekomendasi treatment untuk kulit kusam. Apabila kamu ingin mencoba treatment di Calysta Skin Clinic, kamu dapat menghubungi kontak whatsapp kami disini.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *