fbpx
calysta skin clinic

Botox Rahang: Pengertian dan Manfaat

Botox Rahang
Botox Rahang

Botox adalah pelemas otot yang dapat disuntikkan. Suntikan ini menggunakan onabotulinumtoxinA, sebuah neurotoksin yang melumpuhkan otot untuk sementara waktu. Suntikan ini sering digunakan untuk mengurangi kerutan di dahi. Namun, jika digunakan pada otot masseter (dekat tulang pipi), suntikan ini juga dapat mengubah bentuk wajah dan mengatasi nyeri wajah, ini dinamakan botox rahang.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian botox rahang, manfaat botox rahang, dan efek samping, serta prosedur. Baca hingga akhir agar kamu mengetahui keempat hal tersebut!

Apa itu Botox Rahang?

Masseter adalah salah satu otot yang membantu kamu mengunyah. Otot ini terletak di sisi wajah kamu dan menghubungkan tulang pipi ke tulang rahang bawah. Masseter botox atau botox yang disuntikkan ke dalam otot masseter rahang untuk membentuk area tersebut atau untuk meredakan ketegangan. Kadang-kadang disebut juga sebagai botox rahang.

Manfaat Botox Rahang

Mengurangi Gigi Bergemeretak

Menggeretakkan gigi atau bruxism, biasanya diobati dengan pelindung mulut dan perubahan gaya hidup. Bruxism yang berhubungan dengan tidur adalah kondisi umum yang mempengaruhi 15-40% anak-anak dan 8-10% orang dewasa.

Jika kamu mengalami bruxism yang parah, suntikan botox mungkin lebih efektif. Botox mengurangi kekuatan dan frekuensi menggeretakkan gigi dan meminimalkan rasa sakit yang kamu alami. Saat toksin botulinum melemahkan otot pemijat, ia akan melemaskan rahang. Hal ini akan menghentikan rahang dan gigi mengatup secara tidak sengaja, sehingga mengurangi gejala-gejala seperti:

  • Rahang yang kencang
  • Nyeri pada rahang, leher, atau wajah
  • Sensitivitas atau nyeri gigi
  • Sakit kepala
  • Kerusakan gigi
  • Sakit telinga

Mengurangi Gejala Gangguan TMJ

Sama halnya otot masseter, sendi temporomandibular (TMJ) membantu kamu mengunyah. Ini adalah engsel yang menghubungkan tulang rahang bawah ke tengkorak kamu. Jika kamu ada masalah dengan TMJ kamu, ini disebut sebagai gangguan sendi temporomandibular (TMD). Gangguan ini sering kali muncul bersamaan dengan bruxism dan nyeri pijat. Nyeri rahang dan mengatup adalah masalah umum yang mempengaruhi 5-12% dari populasi

Ketika botox disuntikkan ke dalam masseter, ini dapat mengendurkan otot dan membantu meringankan gejala TMD. Ini termasuk:

  • Nyeri rahang
  • Kerusakan sendi temporomandibular (TMJ)
  • Gerakan rentang yang buruk pada rahang
  • Nyeri rahang, wajah, dan telinga

Sakit Kepala

Sakit kepala akibat tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum dan kondisi yang paling umum, dimana terkait dengan TMD (sendi temporomandibular). Sakit kepala ini disebabkan oleh ketegangan dan kekencangan otot. Gejalanya meliputi:

  • Nyeri yang datang secara bertahap
  • Nyeri di kedua sisi kepala
  • Rasa sakit yang menusuk, terasa seperti ada tali yang mengikat di sekitar kepala
  • Nyeri ringan hingga sedang (tidak parah)

Masseter Botox dapat mengobati TMD dengan meredakan ketegangan pada otot-otot di sekitar pelipis.

Merampingkan Bentuk Wajah Kamu

Otot-otot masseter dapat memberikan bentuk persegi pada wajah. Jika kamu ingin wajah kamu terlihat lebih ramping, botox masseter dapat menjadi pilihan. Efek botox yang melemahkan akan mengurangi ukuran otot-otot masseter kamu. Hal ini menciptakan garing rahang berbentuk V yang lebih ramping.

Ada beberapa area lain di wajah yang dapat diubah dengan suntikan botox. Ketika disuntikkan ke otot-otot wajah lainnya, botox dapat mengurangi seberapa besar seseorang dapat tersenyum, sehingga mengurangi seberapa banyak gusi mereka terlihat.

Baca juga Artikel Lainnya : Retinol Serum Terbaik Untuk Kulitmu

Efek Samping dari Botox Rahang

Masseter botox adalah prosedur yang aman dan umum, tetapi ada beberapa efek samping tertentu yang harus kamu perhatikan, diantaranya:

  • Nyeri dan memar di tempat suntikan
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Gejala flu
  • Wajah terkulai atau lemah sementara

Masseter botox tidak akan merusak senyum atau mengubah fitur wajah lainnya selama botox tidak berpindah ke area lain di wajah.

Hindari melakukan botox jika kamu:

  • Sedang hamil atau menyusui
  • Alergi terhadap protein susu sapi
  • Memiliki gangguan neuromuskuler
  • Memiliki jaringan parut keloid
  • Memiliki gangguan dismorfik tubuh

Prosedur Dalam Botox Rahang

Melansir dari health line, berikut adalah apa yang bisa kamu harapkan sebelum, selama, dan setelah prosedur.

Sebelum Prosedur

Kamu akan melakukan konsultasi dengan profesional medis. Mereka akan mengajukan pertanyaan tentang tujuan dan masalah kekhawatiran kamu.

Mereka akan memeriksa rahang dan wajah kamu. Hal ini memungkinkan mereka untuk menentukan tempat suntikan dan berapa banyak jarum suntik yang kamu butuhkan. Prosedur yang sebenarnya akan dilakukan di ruang praktek dokter dan kamu tidak perlu datang ke rumah sakit.

Selama Prosedur

Seorang profesional medis akan membersihkan kulit kamu untuk mengurangi resiko infeksi. Mereka mungkin menggunakan anestesi topikal untuk mematikan rasa di area tersebut. Mereka akan menyiapkan jarum suntik dengan toksin botulinum. Jarum suntik akan memiliki jarum yang sangat tipis.

Selanjutnya, mereka memasukkan jarum ke dalam otot pemijat kamu dan selanjutnya menarik jarum secara perlahan sambil menyuntikkan racun. Prosedur ini mungkin diulangi di sisi yang lain dan jumlah jarum suntik yang diperlukan tergantung pada apa yang kamu tangani. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 15 menit.

Setelah Perawatan

Setelah perawatan, kamu dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Tidak memerlukan waktu pemulihan. Namun, kamu harus menghindari hal-hal berikut ini selama 24 jam:

  • Menggosok area yang dirawat
  • Menempatkan tekanan pada area yang dirawat
  • Berolahraga

Tindakan diatas dapat menyebarkan racun ke bagian lain dari wajah kamu. Kamu bisa melihat hasil maksimal dalam waktu sekitar 1 minggu. Beberapa orang mulai melihat hasilnya dalam waktu 1 hingga 3 hari.

Perlu dicatat bahwa efek botox hanya bersifat sementara. Mereka biasanya bertahan selama 3 hingga 4 bulan. Jika kamu ingin mempertahankan hasilnya, kamu harus mengulangi prosedurnya.

Calysta Skin Clinic

Botox Rahang

Selama lebih dari satu dekade, Calysta hadir sebagai klinik kecantikan terpercaya, dengan 15 cabang yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Jadetabek. Kepercayaan lebih dari 100.000 pelanggan menjadi bukti nyata komitmen kami dalam memberikan layanan kecantikan berkualitas tinggi, inovasi teknologi dan dokter profesional yang bersertifikasi. Calysta Skin Clinic memiliki berbagai treatment salah satunya botox dan botox hyperhidrosis.

Botox

Botox bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf tertentu, sehingga kontraksi otot akan melemah dan lumpuh untuk sementara waktu. Manfaat treatment botox diantaranya mengurangi kerutan di area-area wajah seperti cuping hidung, sudut luar mata, atau bagian di antara dahi, menaikkan alis, mengoreksi bentuk rahang dan membuat tampilan wajah lebih tirus.

Botox Hiperhidrosis

Ini merupakan botox untuk mengatasi keringat berlebih. Dapat dilakukan di area telapak tangan dan ketiak.

Itulah pengertian botox rahang, manfaat, dan efek samping, serta prosedur dari botox rahang. Apabila kamu tertarik untuk mencoba treatment botox di Calysta Skin Clinic, kamu dapat menghubungi link disini. Jangan lupa untuk mengikuti akun instagram Calysta Skin Clinic.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *