fbpx
calysta skin clinic

Retinol Serum Terbaik Untuk Kulitmu

Retinol Serum
Retinol Serum

Retinol adalah bentuk vitamin A yang memiliki banyak kegunaan dalam perawatan kulit. Retinol terkenal digunakan untuk mengobati jerawat dan memiliki efek anti-penuaan. Kamu dapat membeli produk yang memiliki kandungan retinol dalam bentuk serum, krim, gel, salep.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian retinol, manfaat retinol, dan rekomendasi retinol serum untuk kamu. Yuk simak!

Manfaat Retinol

Melansir dari cleve and clinic, berikut adalah manfaat retinol untuk masalah kulitmu:

Retinol untuk jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang sering terjadi pada setiap orang. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang berlebih, bisa saja terjadi komedo hitam, komedo putih, atau jenis jerawat lainnya. Retinol bekerja untuk mengatasi jerawat dengan mencegah pori-pori tersumbat.

Kamu mungkin masih akan melihat jerawat selama beberapa bulan pertama perawatan, bahkan kulit bisa saja terlihat lebih buruk (biasanya disebut sebagai retinol purge). Tetapi jika kamu terus menggunakan sesuai dengan aturan, kamu akan melihat perubahan kulitmu menjadi lebih bersih.

Retinol untuk keriput

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit kamu akan membelah lebih lambat. Lapisan tengah (dermis) kulit kamu mulai menipis, lebih sulit mempertahankan kelembapan, dan kulit akan memiliki lebih sedikit elastin dan kolagen. Tretinoin dan tazarotene topikal dapat memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan dengan memperlambat pemecahan kolagen dan membuat kulit kamu lebih elastis. Biasanya diperlukan waktu beberapa bulan penggunaan retinol topikal untuk melihat perbedaannya.

Retinol untuk bekas jerawat

Bekas jerawat timbul akibat luka dan peradangan. Bintik merah muda, merah, atau gelap pada kulit dapat muncul saat jerawat kamu sembuh dan dapat bertahan selama beberapa minggu. Selain itu, memencet jerawat atau memecahkan jerawat dapat menyebabkan lebih banyak luka pada kulit dan dapat meninggalkan bekas luka permanen.

Retinol untuk hiperpigmentasi

Bintik-bintik hitam (hiperpigmentasi) dapat berkembang sebagai akibat dari kerusakan kulit akibat sinar matahari. Jika kamu memiliki bintik-bintik coklat muda hingga gelap pada wajah, tangan, leher, atau lengan, yang kamu lihat adalah penumpukan melanin (pigmen pada kulit yang berfungsi memberikan warna pada kulit, rambut, hingga mata).

Beberapa orang menemukan bahwa retinol topikal dapat mencerahkan bintik-bintik kulit mereka, meskipun membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya temui dokter kulit jika kamu khawatir dengan flek hitam.

Retinol untuk pori-pori besar

Pori-pori adalah lubang di permukaan kulit kamu yang memungkinkan rambut dan minyak tubuh melewatinya. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak, pori-pori akan menjadi lebih besar dan lebih terlihat. Retinol mengobati pori-pori besar dengan meningkatkan pergantian sel kulit yang membuat kulit kamu lebih tebal dan mencegah perkembangan pori-pori yang tersumbat.

Baca juga Artikel Lainnya : Rekomendasi Pencuci Wajah Terbaik

Retinol untuk melasma

Melasma adalah kelainan kulit umum lainnya yang menyebabkan bintik-bintik hitam atau bercak pada area yang terpapar sinar matahari. Paparan cahaya, panas, dan kadar hormone tertentu meningkatkan jumlah melanin yang kamu hasilkan yang menyebabkan bercak-bercak datar atau seperti bintik-bintik yang berwarna coklat muda, cokelat tua, atau biru keabu-abuan.

Melasma paling sering terjadi selama masa kehamilan. Jika kamu sedang hamil, kamu harus berbicara dengan ahlinya tentang menggunakan obat atau suplemen oral atau topikal. Jika kamu tidak hamil, retinoid topikal dapat membantu memudarkan bercak melasma.

Efek Samping dan Penyesuaian pada Retinol

Meskipun retinol disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), bukan berarti retinol ini bebas dari efek samping. Orang yang menggunakan retinol biasanya mengalami kulit kering dan iritasi, terutama setelah menggunakan produk baru.

Efek samping lainnya mungkin termasuk:

  • Kemerahan
  • Gatal-gatal
  • Kulit mengelupas

Jika kamu terus mengalami iritasi kulit, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit atau kamu bisa bicarakan dengan dokter kulit sebelum kamu menggunakan produk retinol untuk mengetahui apakah produk tersebut baik untuk kulit kamu.

Resiko efek sampingnya mungkin lebih besar jika kamu menggunakan lebih dari satu produk yang mengandung retinol secara bersamaan. Jangan pernah memadukan retinol dengan bahan skincare yang dapat menyebabkan iritasi seperti: Benzoyl peroxide, Vitamin C, AHA/BHA. Karena resiko sensitivitas terhadap sinar matahari, retinol paling baik digunakan pada malam hari.

Melakukan penyesuaian kecil pada rutinitas perawatan kulit kamu dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang terjadi karena retinol. Berikut penyesuaian kecil yang dilakukan:

  • Cobalah menggunakan retinol setiap dua malam sekali atau tiga malam sekali, dan lanjutkan dengan menggunakannya setiap malam saat kulitmu terbiasa.
  • Gunakan hanya satu produk retinol dalam satu waktu
  • Tunggu 30 menit setelah mencuci wajah sebelum menggunakan produk retinol
  • Hindari produk retinol jika kamu mengalami kulit terbakar, kulit pecah-pecah atau iritasi kulit lainnya
  • Gunakan SPF 30 setiap hari untuk mengurangi paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk re-apply setiap dua jam sekali.
  • Selalu pakai pelembap sebelum atau sesudahnya. Kamu bahkan bisa mencoba teknik sandwich dimana hal yang dilakukan adalah mengoleskan pelembap lalu retinol kemudian lapisan pelembap lain diatasnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan retinol untuk bekerja?

Retinol langsung bekerja di dalam sel, tetapi akan membutuhkan waktu beberapa minggu hingga kamu melihat adanya perubahan pada tampilan dan tekstur kulit kamu. Bahkan kondisi kulit kamu mungkin terlihat lebih buruk pada awalnya karena adanya penyesuaian dengan rangkaian perawatan yang baru.

Rekomendasi Retinol Serum

Retinol Rejuvenating Serum dari Cyskin

Retinol Serum

Retinol serum yang mengandung kombinasi zat aktif Actosome Retinol 2%, Peptide dan Cica, berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, membantu mengurangi tampilan kerutan serta mengatasi peradangan dan jerawat.

Actosome Retinol 850 merupakan jenis retinol paling stabil dan lembut sehingga aman untuk pemula dan pemilik kulit kering, efektif mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, merangsang produksi kolagen, menghaluskan serta mencerahkan kulit secara optimal.

Actosome Retinol 850 terbukti lebih stabil dan 15% lebih efektif dari Retinol in Liposome berdasarkan hasil uji coba. Actosome Retinol 850 ini lebih aman daripada Retinol lainnya karena ada PhytoAct Mungvon. Bahkan, kandungan ini juga mengurangi 50% efek samping yang disebabkan oleh retinol dan 20% penyerapannya mampu mencapai lapisan kulit dalam.

Retinol serum ini kaya akan peptide bermanfaat untuk memperbaiki fungsi skin barrier, mengatasi peradangan, merangsang produksi kolagen dan mengurangi kerutan. Centella Asiatica bermanfaat untuk mengatasi peradangan, iritasi dan jerawat.

Itulah manfaat retinol, efek samping, dan retinol serum dari Cyskin yang dapat kamu coba. Apabila kamu tertarik untuk mencoba retinol rejuvenating serum Cyskin, kamu dapat mengklik link disini.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *