fbpx
calysta skin clinic

Cara Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam di wajah
Bintik hitam di wajah

Bintik hitam atau hiperpigmentasi terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Apabila melanin yang berlebihan terjadi, maka akan membentuk bintik-bintik atau bercak yang lebih gelap daripada area sekitarnya.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyebab bintik hitam di wajah, cara mengatasinya, serta rekomendasi skincare untuk mengatasi masalah bintik hitam di wajah kamu.

Gejala Bintik Hitam di Wajah

Bintik-bintik hitam pada kulit dapat berkisar dari warna coklat muda hingga coklat tua atau hitam. Bintik-bintik ini daftar dan umumnya berbentuk oval. Hiperpigmentasi dapat muncul di mana saja, namun mereka paling sering muncul pada area yang sering terkena paparan sinar matahari.

Bagian-bagian tersebut antara lain:

  • Wajah
  • Punggung tangan
  • Bahu
  • Lengan
  • Punggung

Meskipun bintik-bintik ini biasanya kecil, beberapa dapat berkelompok dan membentuk area yang lebih besar pada kulit yang gelap.  

Penyebab Bintik Hitam di Wajah

Sinar matahari

Disebut juga sebagai bintik matahari / sunspots, orang bisa terkena bintik-bintik hitam setelah terpapar sinar matahari. Area tubuh yang menerima paparan sinar matahari paling banyak, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar mengembangkan bintik matahari / sunspots.

Perubahan Hormon

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang hamil, dan biasanya terjadi selama tahun-tahun reproduksi.

Peradangan

Flek hitam dapat timbul setelah terjadi peradangan pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk:

  • Jerawat
  • Eksim
  • Psoriasis
  • Cedera pada kulit
  • Genetika

Genetik dapat mempengaruhi kerentanan kulit terhadap flek hitam. Orang dengan riwayat hiperpigmentasi dalam keluarga lebih rentan terkena flek hitam, terlepas dari faktor eksternal.

Pergesekan Antar Kulit

Area kulit yang mengalami gesekan terus-menerus, seperti paha bagian dalam atau ketiak, dapat mengembangkan tanda coklat gelap sebagai respons kulit terhadap iritasi berulang.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, proses alami kulit dapat menjadi kurang efisien, termasuk distribusi melani. Hal ini dapat menyebabkan akumulasi pigmentasi di area tertentu, menyebabkan munculnya bintik-bintik coklat gelap hingga hitam.

Efek samping obat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan flek hitam. Penyebab yang umum adalah:

  • Antiinflamasi, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)
  • Obat kemoterapi
  • Antimalaria
  • Antikonvulsan

Cara Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

Perawatan laser

Pilihan yang lebih agresif untuk meringankan hiperpigmentasi adalah perawatan laser, dimana ini menggunakan energi cahaya terkonsentrasi. Beberapa perawatan laser menargetkan pigmen itu sendiri.

Dengan pencerahan kulit dengan laser, kamu mungkin mengalami:

  • Bengkak
  • Kemerahan
  • Sesak
  • Jaringan parut
  • Infeksi
  • Perubahan tekstur kulit

Pengelupasan Kimiawi

Chemical peeling menggunakan larutan kimia untuk menghilangkan lapisan kulit lapis demi lapis. Membantu kulit baru tumbuh dan mengurangi munculnya bintik-bintik hitam.

Mikrodermabrasi

Selama mikrodermabrasi, dokter kulit menggunakan alat khusus dengan permukaan abrasive untuk mengangkat lapisan atas kulit. Perawatan ini mendorong pertumbuhan kolagen baru dan dapat membantu mengurangi flek.

Cryotherapy

Cryotherapy merupakan prosedur untuk memudarkan bintik-bintik hitam dengan cara membekukannya dengan larutan nitrogen cair. Hal ini menyebabkan kulit yang menggelap terkelupas dari tubuh dan kulit akan sembuh dengan warna yang lebih merata. Resikonya termasuk pemutihan permanen pada area yang dirawat.

Baca juga Artikel Lainnya: Botox Rahang: Pengertian dan Manfaat

Tranexamic Acid

Penyedia kesehatan mungkin menyarankan penggunaan tranexamic acid. Obat ini tersedia dalam bentuk larutan topikal atau pil oral.

Asam Kojic

Asam kojic adalah perawatan topikal populer lainnya untuk hiperpigmentasi. Asam kojic menghambat aktivitas tirosinase yang merupakan enzim yang terlibat dalam produksi melanin. Sebuah artikel tahun 2018 menunjukkan bahwa asam kojic dan turunannya mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, di antara yang lainnya. Namun, asam kojic dapat mengiritasi kulit sensitif dan dapat menyebabkan efek samping seperti dermatitis kontak, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Retinoid

Retinoid adalah turunan dari vitamin A. Retinoid meningkatkan pergantian sel kulit baru, yang dapat memudarkan flek hitam dari waktu ke waktu. Tenaga kesehatan profesional dapat meresapkan retinoid dengan kekuatan yang tinggi, seperti tretinoin untuk hiperpigmentasi yang parah. Produk ini membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk bekerja. Semakin kuat retinoid, semakin besar kemungkinan menyebabkan iritasi.

Produk yang mengandung retinoid tidak cocok selama kehamilan, karena vitamin A terkadang dapat menyebabkan anomali kelahiran. Retinoid juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, jadi penting untuk menggunakan SPF yang aman pada wajah setiap hari saat menggunakan retinoid.

Eksfoliator Kimiawi

Exfoliator kimiawi adalah asam yang melarutkan lapisan atas sel kulit. Asam ini termasuk asam alfa hidroksi, seperti asam laktat, dan asam beta hidroksi (BHA), seperti asam salisilat. Eksfoliator kimiawi juga bekerja dengan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Pengobatan di Rumah

Pengobatan alami tertentu seperti jus Lemon, Lidah Buaya, Cuka Sari Apel, dan ekstrak Teh Hijau dapat membantu mencerahkan bintik-bintik kulit ketika dioleskan langsung ke kulit. Namun, penting untuk menggunakan pengobatan ini dengan hati-hati dan melakukan uji coba untuk mencegah potensi iritasi kulit.

Rutinitas Perawatan Kulit

Kamu perlu menerapkan rutinitas perawatan kulit yang secara khusus menargetkan masalah hiperpigmentasi, dengan memilih pencuci muka, serum, pelembap, dan sunscreen yang dapat membantu memudarkan dan mengurangi tampilan bintik-bintik hitam secara bertahap.

Cara Mencegah Hiperpigmentasi

Mencegah hiperpigmentasi sejak awal adalah solusi terbaik. Melindungi kulit kamu bahkan setelah kamu memiliki flek hitam akan mencegah flek tersebut semakin parah. Hiperpigmentasi sering muncul pada usia paruh baya. Saat itulah kulit mulai menunjukkan konsekuensi dari paparan sinar matahari.

Gunakan Sunscreen

Rajinlah menggunakan dan mengoleskan kembali sunscreen setiap dua jam. Kamu bisa memakainya lebih sering jika kamu selesai berenang atau berkeringat.

Lindungi Dirimu

Saat kamu berada di luar ruangan, kenakan topi, baju lengan panjang, dan celana panjang. Kain SPF dapat memberikan perlindungan tambahan. Cobalah topi bertepi lebar untuk memberikan perlindungan pada wajah dan leher kamu dari sinar matahari.

Hindari Jam Puncak Sinar Matahari

Paparan sinar UV biasanya paling banyak terjadi antara pukul 10 pagi hingga 2 siang, sehingga meningkatkan resiko kerusakan kulit akibat sinar matahari dan potensi timbulnya bintik hitam dan coklat pada kulit. Carilah tempat teduh selama waktu tersebut dan pilihlah untuk menikmati sinar matahari selama periode tidak terlalu merusak kulit kamu.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan seperti yang disebutkan diatas dan menjadikan perlindungan terhadap sinar matahari sebagai prioritas, kamu dapat secara signifikan mengurangi resiko timbulnya flek hitam dan mempertahankan kulit yang lebih sehat juga awet muda.

Rekomendasi Serum Untuk Mengatasi Hiperpigmentasi – Dark Spot

Tranex Peptide Darkspot Serum

Bintik hitam di wajah

Serum yang mengandung kombinasi zat aktif Tranex Peptide, Hyaluronic Acid, Kiwi Fruit Extract, Probiotik Lactobacillus, berfungsi untuk melembapkan kulit secara optimal, membantu meratakan warna kulit, mencerahkan wajah, dan memudarkan tampilan noda gelap pada wajah.

Serum dari Cyskin ini sudah clinically dan dermatology tested, non-comedogenic, serta Paraben, silicon, fragrance free. Selain itu, serum ungu ini bisa digunakan oleh semua tipe kulit dan ibu hamil, menyusui juga aman apabila menggunakan Tranex Peptide Darkspot Serum. 

Itulah penyebab bintik hitam di wajah, cara mengatasinya, serta rekomendasi skincare untuk mengatasi masalah bintik hitam di wajah kamu. Apabila kamu mau melakukan checkout serum Tranex Peptide Darkspot, kamu bisa mengklik link disini. Jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media kami disini.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *