fbpx
calysta skin clinic

Rekomendasi Pencuci Wajah Terbaik

Pencuci Wajah
Pencuci Wajah

Rutinitas merawat kulit yang tepat melibatkan mencuci wajah dengan produk yang tepat. Mendapatkan kulit yang cantik, lembap, dan bersih dimulai dengan menemukan pencuci wajah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setiap harinya, kulitmu akan melawan dan menyerap kotoran, polusi, dan asap. Perawatan kulit yang efektif dapat mengatasi masalah-masalah kulit tersebut, membantunya untuk tetap ternutrisi dengan baik dan bercahaya.

Dalam artikel ini akan dibahas cara memilih pencuci wajah dan rekomendasi produk untuk kamu. Yuk simak!

Cara Memilih Pencuci Wajah

Melansir dari dermacare direct, aturan pertama ketika memilih pencuci wajah adalah masalah kulit kamu dan memilih bahan yang sesuai. Setelah itu kamu akan mengetahui pembersih terbaik untuk kulitmu.

  • Pembersih yang mengandung AHA (asam alfa hidroksi) dan BHA (asam beta hidroksi) tidak hanya mengangkat kotoran, tetapi juga membantu pengelupasan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan kulit.
  • Salicylic Acid (BHA) – ideal untuk kulit berminyak dan berjerawat karena kemampuannya membersihkan kotoran dari pori-pori dan mengecilkan pori-pori
  • Poly Hydroxy Acids (PHA) – ideal untuk jenis kulit kering, sensitif, rosacea, dan eksim
  • Asam Glikolat (AHA) – ideal untuk jenis kulit kusam, berpigmen, dan rusak akibat sinar matahari.
  • Asam Laktat (AHA) – ideal untuk jenis kulit kering dan sensitif karena kemampuannya untuk mengelupas dengan lembut
  • Hyaluronic Acid – ideal untuk jenis kulit kering dan sensitif karena kemampuannya untuk menghidrasi kembali permukaan kulit
  • Antioksidan/ Peptida – ideal untuk jenis kulit dewasa karena sifatnya yang anti-penuaan dan mengencangkan kulit

Dilansir dari dr davin lim, ada banyak jenis pembersih wajah yang dapat kamu pilih, tergantung pada jenis kulitmu. Berikut adalah panduannya:

Oil cleanser

Jenis kulit : sebagian besar jenis kulit

Oil cleanser adalah cara yang lembut untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori, termasuk makeup tahan air dan tidak mengeringkan kulit kamu. Idealnya sebagai langkah pertama dalam double cleansing.

Foam cleanser

Jenis kulit : Kulit berminyak & kombinasi

Foam cleanser adalah pembersih yang ringan. Pembersih ini pada awalnya berbentuk krim atau gel, kemudian berubah menjadi busa ketika dicampur. Pembersih jenis ini menghilangkan minyak berlebih seefektif pembersih gel.

Gel cleanser

Jenis kulit: Kulit berminyak & kombinasi

Pembersih gel ini ideal untuk membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengecilkan pori-pori. Mereka menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan memberikan pengelupasan kulit ringan.

Cream cleanser

Jenis kulit: Kulit kering hingga sensitif, kulit yang rentan terhadap rosacea.

Pembersih ini kental dan lembut. Sangat ideal untuk kulit sensitif, orang yang menderita rosacea atau dermatitis. Pembersih ini memberikan pembersihan tanpa menghilangkan minyak pelindung alami kulit.  

Kenapa Mencuci Muka Sangat Penting?

Menghilangkan Tumpukan Kotoran

Manfaat umum dari membersihkan wajah adalah menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lain yang tidak diinginkan. Sepanjang hari, kulit wajah kamu terus menerus dipenuhi oleh bakteri, polutan, virus, kotoran, dan sel kulit mati. Mencuci wajah setiap hari akan menghilangkan kotoran-kotoran tersebut sehingga kulit terlihat segar. Tanpa mencuci wajah, kulit kamu akan tertutupi oleh lapisan kotoran dan debu yang tebal menyulitkan produk lain untuk menembus kulit dengan baik.

Meningkatkan Hidrasi

Membersihkan wajah secara teratur (bersama dengan penggunaan pelembap yang baik) juga merupakan faktor penting dalam membantu kulit mempertahankan tingkat hidrasi yang tepat. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat dan terasa kasar, berkerut, dan menua. Membersihkan wajah akan membantu mengelola tingkat PH kulit; memungkinkan air dan produk yang cukup.

Menjaga Kulit Tetap Bersih

Kelenjar kecil di bawah kulit menghasilkan minyak yang disebut sebum untuk melindungi kulit dari bahaya dunia luar. Kelenjar ini menggunakan folikel rambut di dalam kulit sebagai jalur, sehingga minyak dapat mencapai permukaan kulit (lapisan luar) untuk membentuk penghalang yang mencegah penetrasi bakteri atau hal yang berbahaya lainnya.

Kotoran yang menumpuk di permukaan dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel, memerangkap sebum, keringat, dan sel kulit mati. Kurangnya sebum pada permukaan kulit memungkinkan bakteri untuk menembus folikel dan menyebabkan peradangan sehingga menghasilkan jerawat.

Pembersihan kulit yang tepat akan membersihkan pori-pori dari kotoran untuk mencegah penumpukan kotoran, sehingga minyak sebum dapat mencapai permukaan kulit tanpa hambatan, mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Baca juga Artikel Lainnya: 10 Cara Merawat Kulit Agar Wajah Bebas Masalah

Beberapa Hal yang Harus Kamu Ingat Dalam Hal Mencuci Wajah

Melansir dari everyuth, meskipun mencuci wajah adalah hal yang mudah, namun orang sering membuat beberapa kesalahan saat melakukannya mungkin akan menjadi sasaran masalah yang berhubungan dengan kulit dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat dalam hal mencuci wajah dilansir dari everyuth:

Cuci wajah kamu dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari, dan juga setelah berkeringat. Hal ini tidak hanya memungkinkan produk perawatan kulit kamu bekerja secara efektif tetapi juga menghasilkan regenerasi sel kulit yang lebih baik.

Saat kamu mengaplikasikan riasan tebal, gunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan riasan dan bilas dengan air. Kemudian gunakan pembersih wajah untuk membersihkan residu.

Gunakan hanya air hangat atau air bersuhu ruangan untuk mencuci muka.

Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ada pembersih wajah yang berbeda untuk kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit sensitif.

Kamu harus selalu mencuci wajah menggunakan jari tangan kamu, karena lembut dan tidak mudah mengiritasi kulit kamu dibandingkan menggunakan spons wajah dan waslap.

Rekomendasi Produk Pencuci Wajah Cyskin

1. Clarifying Gentle Face Cleanser

Pencuci Wajah

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Seboclearâ„¢ dan Witch Hazel, berfungsi untuk mencegah timbulnya komedo, jerawat serta membersihkan pori dan kulit wajah tanpa meninggalkan rasa kering. Cocok untuk acne dan oily skin.

2. Liquorice Glow Face Cleanser

Pencuci Wajah

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Licorice, Witch Hazel dan Niacinamide, berfungsi untuk membersihkan melembabkan dan mencerahkan wajah. Cocok untuk dry dan dull skin.

3. Panthenoin Soothing Face Cleanser

Pencuci Wajah

Face Cleanser yang diformulasikan dengan kombinasi zat aktif Panthenol, 7 Natural Soothing Extract dan Honey, berfungsi untuk menenangkan kulit yang kemerahan, mengurangi iritasi, membersihkan serta melembabkan kulit. Cocok untuk sensitive skin.

4. Bakuchiol Skin Renewing Face Wash

Pencuci Wajah

Pembersih wajah dengan formula exfoliating yang diperkaya dengan Bakuchiol, alternatif alami untuk Retinol, membersihkan sampai ke lapisan kulit terdalam tanpa meninggalkan rasa kering. Diformulasikan dengan bahan-bahan efektif, pembersih gel yang mudah digunakan ini membantu untuk membersihkan riasan, kotoran dan minyak, membuat kulit terasa bersih dan ternutrisi.

Mengandung Bakuchiol yang bekerja untuk membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, warna dan tekstur kulit tidak merata serta mengurangi pembentukan komedo dan noda hitam. Chamomilla Recutica merupakan bahan aktif penenang alami yang membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Cocok untuk semua jenis kulit.

5. Oil Free Foaming Face Cleanser for Men

Pencuci Wajah

Pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk pria, dengan kombinasi zat aktif Centella Asiatica, Salicylic Acid, dan Panthenol yang berfungsi untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering, membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, serta menjaga kelembaban kulit. Cocok untuk semua jenis kulit.

Itulah cara memilih pencuci wajah dan rekomendasi pencuci wajah cyskin yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu tertarik untuk membeli produk cyskin, kamu dapat mengklik link disini. 

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *